Selasa, 24 April 2012

Asistensi Mekanika Fluida 17 April 2012

Depok, 24 April 2012

Pada tanggal 17 April 2012, saya melakukan asistensi bersama mahasiswa S1 yang sedang mengambil mata kuliah mekanika fluida. Sebagai mahasiswa S2, saya melakukan diskusi dengan kelompok 8 untuk membahas fenomena aliran pada pipa. Diskusi ini bertujuan untuk mempelajari fenomena apa yang sebenarnya terjadi ketika suatu fluida mengalir pada pipa. Untuk mengetahui fenomena tersebut, maka dilakukan simulasi menggunakan CFDSOF.

Berikut adalah langkah kerja melakukan simulasi CFD menggunakan CFDSOF

1. Buat pengaturan dimensi seperti di bawah ini

2. Atur cell sehingga cell menjadi seperti dibawah ini

3. Atur kondisi sempadan di mana inlet 1 diberi tekanan 5 Pa dan inlet 2 diberi tekanan 0 Pa sehingga terdapat beda tekanan 5 Pa



4. Masukkan nikai konstanta fisikal untuk memasukkan properti dari fluida yang mengalir. Untuk kasus ini fluida yang mengalir adalah air dengan densitas 1000 kg/m3 dan viskositas 0.0009 kg/ms


5. Lakukan iterasi

Setelah melakukan iterasi, maka hasil simulasi adalah sebagai berikut


setelah diperbesar



Dari hasil simulasi diatas terbukti bahwa memang benar bahwa aliran fluida di dalam pipa membentuk kontur eksponensial di mana nilai kecepatan pada dinding pipa kecil dan menjadi nol ketika bersentuhan dengan dinding pipa. Semakin ke tengah, maka kecepatan semakin membesar, hal itu terlihat dari kontur warna merah pada bagian tengah pipa.

Fakta lain yang sesuai dengan teori adalah, suatu fluida dapat mengalir apabila terdapat perbedaan tekanan. Hal itu terlihat dengan inlet 1 yang memiliki tekanan 5 Pa dan nilai tersebut lebih besar daripada tekanan pada inlet 2 yaitu 0 Pa. Hal itu membuktikan bahwa perbedaan tekanan menyebabkan terbentuknya aliran fluida.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar